Tip buat calon TKI Korea yang mau berangkat

Kali ini aku ingin sedikit berbagi tip untuk calon TKI Korea yang akan berangkat ke Korea. Sebenarnya tip ini merupakan curhatan ku, dikarenakan penyesalanku setelah berada di Korea hehee…. Tapi ingat tip ini tidak wajib di ikuti oleh temen-temen, jadi di ambil yang sesuai dengan temen-temen sendiri.

1.  Membuat rekening bank Indonesia maksimal sebanyak tiga buah. Ke tiga rekening bank tersebut digunakan untuk memisahkan aliran dana kita ke keluarga yang ada di Indonesia, bisa untuk rekening orang tua kita, rekening istri dan terakhir rekening pribadi kita. Kebijakan di Korea untuk dapat mengirim uang ke Indonesia (remittance), terlebih dahulu mendaftarkan rekening tujuan yang ada di Indonesia ke salah satu bank Korea atau 송금 서비스 등록 확인서 maksimal tiga buah. Setelah mendaftarkan rekening kita di salah satu bank di Korea, kita tidak bisa mendaftarkan lagi di lain bank, misal jika sudah mendaftar di woori bank maka tidak boleh mendaftar di lain bank.

2.  Mendaftarkan rekening pribadi kita menjadi internet banking. Hal ini karena kemudahan mengelola keuangan kita selama di Korea. Melalui online banking, kita dapat mengecek saldo kita tanpa harus minta tolong sanak family untuk pergi ke bank, dapat membeli barang-barang yang ada di Indonesia karena aku yakin sekarang proses pembayaran sudah banyak yang memakai internet banking dan juga transfer uang ke bank local di Indonesia dengan mudah meskipun kita berada di Korea. Walaupun isu tentang keamanan di dunia online masih menjadi kekhawatiran tersendiri, tetapi aku percaya sebuah situs internet banking diwajibkan untuk menggunakan standar keamanan yang sangat ketat untuk menjamin bahwa setiap layanan yang mereka sediakan hanya dimanfaatkan oleh mereka yang memang betul-betul berhak. Andai kata masih takut, bisa juga membuat dua rekening bank, tanpa internet banking dan dengan internet banking :P

3.  Jangan menukar uang saku kita di dalam B*P2TK* karena berdasarkan pengalamanku mereka menjual lebih tinggi won nya di banding di money changer lainnya.  Pengalamanku dulu aku menukar 3 juta rupiah cuma dapat 300 ribu won tetapi setelah cek ricek dengan teman, ternyata dia mendapat 360 ribu won di money changer di luar  B*P2TK*, yaa…namanya ketidak tahuan ku dulu jadi ya di iklasin saja… T_T

4. Jangan membuat rekening bank M*nd*ri yang di tawarin di B*P2TK* karena berdasarkan pengalamanku, ketika aku transfer dari korea ke Indonesia  memakai rekening  tersebut aku terkena charge lebih mahal sekitar 200 ribu rupiah, tetapi dengan rekening lain sekitar 100 ribu rupiah. Kenapa bisa mahal? Mungkin dikarenakan kartu ATM nya berjenis VISA bisa digunakan di luar negri, tapi tak tahu juga lah… yang jelas uang yang ada di rekening tersebut aku ambil kemudian rekening tersebut aku tutup, karena menurutku walaupun bisa di gunakan di luar negri tetapi biaya charge nya lebih mahal dan jarang di gunakan karena sesampai di Korea aku sudah dibuatkan rekening tabungan woori di sini.

5.  Jika kita mengetahui jadwal keberangkatan kita, ada baiknya kita mengetahui musim apa yang sedang berlangsung di Korea sehingga kita bisa menyiapkan pakaian yang sesuai.

musim panas: mulai bulan Juni hingga Agustus
musim gugur: mulai bulan September hingga Nopember
musim dngin: mulai bulan Desember hingga bulan Pebruari
musim semi: mulai bulan Maret hingga Mei

6.  Membawa koper jangan terlalu berat karena ada peraturan batas maksimum barang bawaan yang berlaku di maskapai penerbangan. Ketentuan untuk Garuda Indonesia: Penumpang dewasa & anak kelas Bisnis mendapat free bagasi 30 kg, Penumpang dewasa dan anak kelas Economy mendapat free bagasi 20 kg, penumpang bayi kelas Bisnis dan kelas economy mendapat free bagasi 10kg. Anda hanya boleh membawa satu tas tangan yang berukuran maksimal 56cm x 36cm x 23cm dan beratnya tidak lebih dari 7kg kedalam cabin. Sebagai tambahan anda boleh membawa kotak peralatan kosmetik atau laptop. Oleh karena biasanya TKI Korean berangkat menggunakan kelas ekonomi sebaiknya koper kita ditimbang terlebih dahulu supaya tidak melebihi 20 kg sehingga tidak terkena charge.

Barang-barang yang di larang dibawa di bandara sebaiknya temen-temen tahu, atau sebaiknya cukup bawa pakaian saja dari pada terkena masalah di bandara karena gak usah khawatir sekarang orang Indonesia sak bajek kere banyaknya yang tinggal di Korea jadi banyak juga ASIA MART atau biasa aku nyebutnya warung Indonesia yang jual barang-barang khas Indonesia di Korea.

Larangan yang tidak boleh di bawa di kabin pesawat:
Segala jenis benda cair yang diperbolehkan dibawa ke kabin maksimum volumenya hanya 100 ml per botol (sebagai patokan, air kemasan dalam gelas volumenya 250 ml). Benda cair yang dimaksud bukan semata-mata benda yang benar-benar cair, tetapi juga termasuk gel, spray, odol, dan saus.Kalau obat, sebaiknya membawa surat keterangan dari dokter.  Apapun alasannya, benda tajam dalam bawaan kabin pasti langsung disita petugas. Yang dimaksud benda tajam adalah barang yang berpotensi dapat digunakan sebagai benda tajam dalam ukuran apa pun, seperti aneka jenis pisau, gunting dan cutter. Benda terlarang lainnya adalah yang dapat menimbulkan api atau ledakan.

7.  Yang terakhir tentu saja menyiapkan mental supaya kebal dengan teriak-teriakannya orang Korea. Mungkin bisa berlatih di depan kandang macan hehee…

Sekian tip dariku :)



By buruhkorea with 5 comments

5 comments:

  1. ukuran kopernya brp inchi ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. klo maksud mas nya...ukuran koper biar bisa masuk kabin...mungkin 15-20 inchi-an mas... tp krn model koper variatif.., inti nya sih ukuran koper mas nya tidak melebihi ukuran dimensi kabin 56cm X 36cm X 23cm atau lebih amannya sih bilang saja ke penjual koper nya... minta yg kabin size gitu aja mas :)

      Delete
  2. saya mau tanya, kalo di Korea, Bank mana ya kira2 yang menjadi pilihan mayoritas teman2 disana untuk mengirim uang ke Indonesia? lalu apa yg menjadi pertimbangan dalam pemilihan Bank tersebut? terimakasih

    ReplyDelete
  3. Kontraknya sampai brapa tahun mas?dan kbnyakan temen2 tinggal di daerah mana mas dikorea

    ReplyDelete
  4. Sore, saya Mia. Saya karyawan di salah satu anak perusahaan Woori Bank yang ada di Indonesia mas. Saat ini saya sedang mencari informasi tentang tabungan TKI, kira2 apa saya bisa tanya langsung sama mas? mungkin ada email atau nomor yang bisa Saya hubungi? Saya sangat berterimakasih apabila bisa mendapatkan balasan dari Mas Roland :)

    ReplyDelete
SARAN DAN KRITIK DAPAT MEMPERPANJANG NAPAS BLOG INI...!!
1. diharap jangan spam disini
2. gunakan bahasa yang sopan
3. you are what you think

Untuk mendapatkan tampilan yang maksimal, buka dengan Google Chrome.. Close

     
    BE IN TOUCH...
    Dapatkan artikel-artikel ini secara gratis langsung dari Inboxmu
     
     

    POPULAR POSTS

    KOMENTAR

    BLOG INFO