Sekilas tentang Certificate of Alien Registration card (외국인등록증)

Certificate of Alien....what?? Alien?? kok rasanya seperti jadi alien beneran yah..hahaa.. Orang asing harusnya diterjemahkan sebagai foreigner, duh!?... Ini mah, alien... jadi kayak hidup di mars gini...hweheee

Well, anyway..

Alien registration card (외국인등록증atau KTP-nya orang asing di Korea ini, banyak sekali manfaatnya... Beli hp, pake alien card.. bikin email di Nate/ Naver/ Daum, pake alien card... beli di gmarket juga pake alien card..dst pokoknya kartu sakti deh...hehee karena Alien atau ID card ini terintegrasi dengan seluruh sistem di negara ini... Aku pernah nih.. waktu  memeriksakan gigi di rumah sakit... aku lupa membawa ID card dan parah nya lagi aku juga lupa nomor ID card ku.... perawat rumah sakit itu pun cuma melongok melihatku seperti melihat alien.. who doesn’t know a thing about life on Earth, duh!??  Jadi aku gak bisa minta klaim asuransi kesehatan ku (건강보험)... sehingga harus  membayar lebih biaya rumah sakit nya.... Damn, I hate numbers!

Sekilas tentang Certificate of Alien Registration card (외국인등록증), Alien registration number terdiri dari 13 digit nomor. Enam digit nomor pertama menunjukkan  tanggal kelahiran (tahun/bulan/tanggal) kemudian digit ke-7 menunjukkan jenis kelamin  dan dari negara mana kamu lahir..
Cek kode dibawah ini:
    1: warga negara korea laki-laki (lahir 1900 – 1999)
    2: warga negara korea perempuan (lahir  1900 – 1999)
    3: warga negara korea laki-laki (lahir 2000 – 2099)
    4: warga negara korea perempuan (lahir  2000 – 2099)
    5: warga negara asing laki-laki yang tinggal di korea(lahir 1900 – 1999)
    6: warga negara asing perempuan yang tinggal di korea(lahir  1900 – 1999)
    7: warga negara asing laki-laki yang tinggal di korea (lahir  2000 – 2099)
    8: warga negara asing perempuan yang tinggal di korea (lahir 2000 – 2099)
empat digit selanjutnya (ke-8 sampai ke-11) menunjukkan kode tempat kelahiran. Kemudian digit ke-12 merupakan kode untuk membedakan tiap individu yang lahir dengan jenis kelamin yang sama, tanggal yang sama dan tempat lahir yang sama. Digit ke-13 merupakan digit untuk menvalidasi keakuratan kode tersebut.  Jadi, yang perlu diingat adalah digit ke-8 sampai ke-13.


Contohnya ID card milik Haryadi Gunawan Dwi (made2busan.wordpress.com)  mempunyai nomor registrasi 701123 (tahun/bulan/tanggal lahir) - 5 (warga negara asing laki-laki yang tinggal di korea dan lahir antara tahun 1900 – 1999) 120893 (yang perlu di ingat)

Selain nomor Alien Card, juga terdapat informasi  nama, negara kelahiran, alamat yang ada di korea dan bahkan visa kita. Contohnya ID card milik Haryadi Gunawan Dwi ini memakai visa D-2, visa belajar euy... Jangan marah ya mas haryadi kalau ID card sampeyan, aku obok-obok...hehee... Kemudian dibelakang kartu terdapat masa berlakunya ijin visa tinggal kamu.


Bagaimana cara mengurusnya?
Mudah sekali, tak seperti birokrasi di Indonesia yang sering lemot dan ribet. Di Korea, birokrasi itu simpel dan cepat. Cukup bawa diri, foto terbaik kita ukuran 3x4, paspor, uang -untuk satu macam urusan sekitar 30rb won- dan datang ke kantor imigrasi terdekat. Disana, bilang ke petugas kalau mau urus Alien card atau 외국인등록증... Nanti kita akan diminta untuk mengisi form, tanda tangan, tempel foto. Berhubung aku didampingi 정무님 pabrikku -orang korea yang ngurusin orang asing di pabrikku... jadi terkesan mudah sekali... Serahkan ke petugas beserta paspornya dan sejumlah uang yang diperlukan untuk pembuatan alien card ini. Si petugas akan memasukkan data, memberi tanda terima, dan menjanjikan satu bulan jadi. Namun, ternyata 2 minggu 정무님 datang dengan membawa ID card ku yang sudah jadi. Orang Korea benar-benar menganut moto: “Don’t promise over we can deliver” ternyata ;) 


By buruhkorea with No comments

0 comments:

SARAN DAN KRITIK DAPAT MEMPERPANJANG NAPAS BLOG INI...!!
1. diharap jangan spam disini
2. gunakan bahasa yang sopan
3. you are what you think

Untuk mendapatkan tampilan yang maksimal, buka dengan Google Chrome.. Close

     
    BE IN TOUCH...
    Dapatkan artikel-artikel ini secara gratis langsung dari Inboxmu
     
     

    POPULAR POSTS

    KOMENTAR

    BLOG INFO