Gambaran Singkatku Tentang Kerja Di KOREA

Kali ini aku akan memberikan gambaran umum ketika aku bekerja di Korea. Aku sendiri bekerja di pabrik elektronik Ye*nho, yaitu pabrik pembuat konektor-konektor elektronik untuk nantinya di pasok ke Samsung dan LG. Aku bekerja selama 5 hari kerja dari hari Senin sampai Jumat, apabila Sabtu dan Minggu masuk kerja maka akan dihitung jam lembur. Selama 1 bulan, 2 minggu aku bekerja siang (jugan) dan 2 minggu bekerja malam (yagan). Sedangkan selama 1 hari, jam kerjaku 8 jam kerja wajib, 1 jam untuk istirahat dan 3 jam kerja lembur, jadi total 12 jam aku menghabiskan masa muda ku di dalam pabrik ini hehee..... Dari kerja keras memeras keringat dan membanting tulang ini, aku mendapatkan kristalisasi keringat (red: gaji ala tukul) sebulan 1,5 juta won. Apakah ada deskriminasi dengan pekerja orang Korea?? Tentu saja ada, kalau di pabrikku sendiri ada perbedaan di bonus dan beratnya kerja, tetapi aku menyadari itu yah namanya juga buruh migran...hehee... tetapi aku termasuk beruntung karena masih dapat bonus, ada beberapa temenku yang malah tidak dapat bonus sepeserpun... tetapi untuk gaji wajib, aku rasa kebanyakan pabrik-pabrik korea berlaku fair dan hitungannya benar.


Ketika pertama kali masuk kerja di Korea, tentu saja aku melakukan banyak kesalahan. Kebanyakan disebabkan karena kendala bahasa. Contohnya, disuruh untuk mengambil tang tetapi yang aku ambil palu...hwahahaa..... tentu saja aku di goblok-goblok in sama tu orang korea, tetapi aku sendiri tidak patah semangat karena aku pikir semuanya itu adalah proses, yaitu proses pembelajaran. Dalam hidup ini tidak ada yang instan, semuanya diperlukan proses dan waktu. Teringat kata kakakku Chandrayani... Lha wong se instan instannya kopi aja perlu di aduk kok... Semuanya itu perlu proses.. Dari sini kemudian aku belajar bahasa korea lebih yolsimi (red: giat). Kebanyakan aku belajar bahasa Korea dari internet, seperti video-video Let's Speak Korean yang aku download dari youtube, atau kunjungi situs-situs belajar korea online dan gratis, seperti
  1. Bagi yang familiar dengan bahasa Inggris bisa cekidot di http://www.talktomeinkorean.com atau http://korean.sogang.ac.kr/ ;
  2. Kalau lagi bete lebih baik belajarnya pake game bisa cekidot di http://www.genkienglish.net/ atau di http://www.digitaldialects.com/;
  3. Kalau seneng yang gratis, terus didownload, jadi biar gak online dan tagihan internetnya gak mahal bisa cekidot di http://www.kosnet.go.kr/
  4. Kalau seneng dengan situs belajar bahasa Korea dengan pengantar bahasa Indonesia, bisa cekidot di http://world.kbs.co.kr/
  5. Kalau seneng nonton videonya orang korea yang mengajar bahasa korea dengan pengantar bahasa Indonesia, bisa cekidot di http://www.indonesian.co.kr/
Menambah pembendaharaan kosa kata dengan google translate, dari fitur google translate pun kita bisa menggunakan fitur audio pengucapannya. Dari pada membeli kamus elektronik yang harganya 150 ribu won...heheee

Semoga informasi situs-situs belajar bahasa Korea online tersebut dapat bermanfaat untuk teman-teman semua. Karena menurutku, untuk mempermudahkan kita berkomunikasi dengan orang Korea, kita juga harus mengerti bahasa dan budaya mereka. Dimana bumi dipijak, disitu langit dijunjung -Wherever ground is stood on, the sky is hold high-



PANDANGAN KU TENTANG ORANG KOREA

Menurutku orang Korea sangat gila kerja dan senang kerja cepat. Makanya orang Korea sangat seneng meneriakkan palli...!! palli...!!! (red: cepat..cepatt) kepada kami. Tak hanya urusan angkat mengangkat, pekerjaan kecil pun harus dilakukan dengan cepat. Jika pelan-pelan, atau salah, pasti suara membentak itu akan terdengar menggelegar lagi. Hal itu membuat aku dan teman-teman merasa takut dan tidak pede, terutama pada hari-hari pertama bekerja.  Hal ini bertolak belakang dengan budayaku yang berasal dari jogja, yaitu alon-alon asal kelakon, makanya aku banyak di komplain dengan orang Korea karena lamban...heheee... tetapi aku harus menyesuaikan diri dengan cepat, jika tidak, pasti terkena cacian dan kemarahan terus menerus…

Ketika pertama kali aku melihat orang Korea berjalan saja, aku merasa orang Korea punya ilmu meringankan tubuh, mereka berjalan sangat cepat bak setan hehee... Orang Korea memang sudah terbiasa bekerja dengan pola seperti itu, bahkan terkesan terlalu tergesa-gesa. Mengikat, mengangkut, menaikan dan mengerjakan hal-hal lainnya dilakukan seperti orang mau mengungsi karena ada bencana alam. Bagi aku yang dari sononya sudah terbiasa bekerja dengan santai, tentu hal itu membuat terpontang panting.

Seperti hal nya bos ku ini..  Aku tak tahu siapa namanya. Padahal sudah setahun lebih  aku menjadi kulinya. Anehnya, aku pun seperti tak berminat untuk mengetahui namanya hehee… Aku memanggilnya cukup dengan menyebut jabatannya saja, seperti  panjang-nim, artinya tuan mandor,  Bujang-nim untuk jabatan Bujang (wakil direktur), atau Sajang-nim untuk  jabatan Sajang (Direktur). Bos ku  ini berbadan sedang. Usianya mungkin sudah 50an. Meski sudah tua, penampilannya masih energik. Mengalahkah yang berusia muda malah. Jika marah, suaranya menggelegar.  Bekerja dengan dia serasa "terbontang-banting". Tenaganya kuat sekali.  Ia tak mengenal diam. Jika selesai pekerjaan yang satu, maka akan beralih ke pekerjaan yang lain.  Aigoo….!!

Jabatan yang ada di perusahaan Korea:
General Company
English
Hangul
Pronunciation
chairman
회장
hoejang
president
사장
sajang
executive director
전무
jeonmu
director
이사
isa
managing [an executive] director
상무
sangmu
general manager
부장
bujang
chief [head] of a section
과장
gwajang
deputy (general) manager
차장
chajang
chief
계장
gyejang
team leader
팀장
timjang
assistant manager
대리
daeri
employee
사원
sawon
chief of  supervisor
주 임
juim
supervisor
반장
panjang
*Note: diberi akhiran –nim untuk memberikan bentuk hormat


Tetapi dari sini aku sadar kalau Indonesia mau menyamai Korea Selatan, kita harus mengubah mind set kita untuk bertindak dengan cepat agar tidak tertinggal karena time is fast running out. Bayangkan, pada tahun 1950-an, pendapatan nasional Korea Selatan hanya USD 50 dan menjadi salah satu negara termiskin di dunia dan sekarang pendapatan nasional negara ini sudah melewati angka USD 20.000 dan menjadi rangking ke-10 ekonomi terkuat di dunia. Untuk lebih membuka mata dan hati kita dalam membangun Indonesia tercinta, coba cekidot di http://indonesiasetara.org/. Banyak yang perlu diciptakan untuk membuat miracle, Bro. Kalau sekedar cerdas dan memiliki pengaruh, masih kurang. Kecerdasan dan pengaruh yang dimiliki oleh Soekarno dan Soeharto pun tidak diragukan lagi. Tapi merekapun masih belum berhasil membangun Indonesia, padahal mereka memimpin dalam waktu yang lama (Soekarno 23 tahun dan Soeharto 32 tahun). Masih ada `hal` yang perlu dituntaskan bersama. Dimulai dalam lingkup terkecil, yaitu individu. Mari Bro, mengutip kalimat yang sering kita dengar, lebih baik menyalakan lilin daripada mengutuki kegelapan.



By buruhkorea with 15 comments

15 comments:

  1. seneng mas aca blognya..soalnya saya seneng sama orang2 korea. sya masih kuliah..terlintas pengen kerja si korsel ja ghiamaa sih kerja di sana??. fighting mas bro!!!

    ReplyDelete
  2. Mas bro emang orang pantang meyerah itu bagus emang semua orang harus pantang meyerah

    ReplyDelete
  3. hi mas roland, sy may tanya kalau untuk orang indonesia yang ingin bekerja di korea, selain bekerja di pabrik adakah lowongan pekerjaan lain seperti tenaga pengajar/ kantor?kira2 syaratnya bedakah?terimakasih sblmnya

    ReplyDelete
  4. Wow Hebat tulisan_nya, sangat berguna.


    Thx...'

    ReplyDelete
  5. Mas bro,aku perempuan usia 31, Masih ada kesempatan ga sih kerja di Korea? aku pingin kerja di Korea, gimana caranya??

    ReplyDelete
  6. :) amat sangat mengimpikan kerja disana ....
    apa lagi kalo dapet beasiswa amat sangat kepengen.
    buat mas nya kerja berapa tahun disana, sudah tetap apa magang?

    ReplyDelete
  7. Duhhh...adekku pengen banget kesana😢😢😢😢semoga saja

    ReplyDelete
  8. Sy jg baru dari korea utk trevelling ,memang org korea itu giat2 ya,sdh tua2 msh kerja apa mrk tdk ada batasan umur ya Mas?kmrn naik train bareng dgn orang tua2 dan mrk duduk dan berdiri brgantian..salah satu dari mrk ada yg kram kakinya..wong jaraknya jauh..kasian juga org2 tua dsana pdhl tdk semua jln ke bwh tanah ada eskalator..

    ReplyDelete
  9. thanks mas buat ulasannya...
    tp masih mau nanya nih, jd buruh migran buat cewek di sana kira2 recommended ga ya?? soalnya saya udah punya rencana ke sana hehe.. thank you

    ReplyDelete
  10. Kak.. Hwaiting kerja'a.. Soal'a aku juga pengen kerja ke korea.
    Kakak kerja di daerah mana? Dan bidang mna?
    Gomawoyo

    ReplyDelete
  11. Hwaiting kak kerja'a.
    Mw tnya juga nih, kakak kerjanya di daerah mna? Dan bidang apa?

    ReplyDelete
  12. masih di Korea ta mas? Haha bagi tips lah buat kerja di sana. Haha

    ReplyDelete
  13. artikel nya bagus sangat memotivasi jdi pengen kerja disana juga

    ReplyDelete
  14. Mas,kalo dah usia 34 masih bisa gak y kerja di sana??

    ReplyDelete
SARAN DAN KRITIK DAPAT MEMPERPANJANG NAPAS BLOG INI...!!
1. diharap jangan spam disini
2. gunakan bahasa yang sopan
3. you are what you think

Untuk mendapatkan tampilan yang maksimal, buka dengan Google Chrome.. Close

     
    BE IN TOUCH...
    Dapatkan artikel-artikel ini secara gratis langsung dari Inboxmu
     
     

    POPULAR POSTS

    KOMENTAR

    BLOG INFO